Senin, 26 Desember 2011

Four Stage Model

Four-stage model merupakan salah satu metoda yang digunakan dalam perencanaan teknologi /sistem informasi. Model ini bertujuan untuk mengidentifikasi proyek sistem informasi yang akan dibangun dan mengidentifikasi kebutuhan sumber daya sehingga mendukung pencapaian tujuan organisasi

Four-stage model terdiri dari empat tahap/ aktivitas utama , yakni :
1. Perencanaan informasi strategis
2. Analisa kebutuhan informasi
3. Alokasi sumber daya
4. Perencanaan proyek

Gambar - Four-stage model

  • Tahap pertama, yakni perencanaan informasi strategis, bertujuan untuk membangun hubungan antara rencana organisasi secara menyeluruh dengan perencanaan teknologi / sistem informasi sehingga mendukung pencapaian tujuan organisasi.
  • Tahap kedua, yakni analisa kebutuhan informasi, merupakan usaha untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan dan operasi-operasi dalam organisasi.
  • Tahap ketiga adalah alokasi sumber daya. Pada tahap ini dilakukan alokasi sumber daya yang terdiri dari hardware, software, komunikasi data, fasilitas, personel dan keuangan yang dibutuhkan bagi pelaksanaan proyek.
  • Pada tahap keempat, yakni perencanaan proyek, dibuat kerangka kerja untuk aplikasi tertentu yang terdiri dari perencanaan, penjadwalan dan mekanisme kontrol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar